Inilah Cara Menebus Dosa Zina

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

Saya Abah Romdhoni  pakar ilmu hikmah dan kebatinan

Zina adalah dosa besar yang sangat buruk, dimana ALLAH SWT  selalu ingatkan pada umat-NYA untuk wajib menjauhinya. Namun Anda pastilah tahu bahwa Allah SWT itu maha pemurah, pemaaf, lagi maha penyayang. Dosa zina bukanlah dosa yang tanpa ampun meski dosanya begitu besar. Yang perlu Anda lakukan adalah menebusnya, melakukan berbagai macam kebaikan untuk mengganti apa yang telah Anda perbuat. Lalu bagaimana cara menebus atau menghapus dosa zina ?

  • Menyesali Perbuatan

Pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus benar-benar menyesali perbuatan Anda. Rasa sesal tersebut haruslah jujur dari dalam hati. Dan ditunjukkan lewat air mata dengan menangis di hadapan Allah Ta’ala setiap saat. Kemudian berjanjilah untuk tidak pernah lagi mengulanginya kembali.

  • Taubat nasuha

Selanjutnya adalah taubat nasuha,  Yakni tobat yang benar-benar murni dari hati dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan kembali. Seperti yang dikutip dalam surat At Tahrim ayat 8, Yang artinya

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

  • Melaksanakan Sholat Taubat

Cara Menebus dosa Zina setelah menyesali perbuatan adalah dengan melakukan sholat taubat. Sholat taubat ini dilakukan sesudah sholat isyak sebanyak 2-6 rakaat. Lakukanlah solat ini dengan niat ikhlas dan tulus karena Allah Ta’ala. Sesuai dengan ayat Al Quran Asy-Syura: ayat 25, yang artinya :

“Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

  • Dzikir dan Mengingat Allah

Cara Menebus dosa Zina selanjutnya adalah dengan berdzikir dan mengingat asma Allah. Sesuai dengan surat Al imran: ayat 135, diantaranya :

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”

  • Perbanyak Istighfar

Doza zina pun bisa ditebus dengan cara memperbanyak istighfar kepada ALLAH, dimana ini pun sudah ditulis dalam Hadist Riwayat. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, al-Thabrani, Al-Hakim dan Ibnu Abi Syaibah –

“Siapa yang membaca Asataghfirullaah Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaihi maka akan diampuni dosanya walaupun ia pernah lari dari medan perang.”.

  • Menyempurnakan Wudhu Dan Berjalan Menuju Masjid

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Maukah kalian saya perlihatkan suatu hal yang bisa meniadakan dosa serta mengangkat derajat. Mereka menjawab : ya wahai rasululloh. Beliau berkata : menyempurnakan wudhu saat saat susah serta perbanyak langkah kemasjid dan menanti shalat satu ke shalat yang lain, lantaran hal semacam itu yaitu ribath.” (HR Muslim serta Al Tirmidzi).

  • Memperbanyak sujud

Cara Menebus dosa Zina berikutnya adalah dengan memperbanyak sujud kepada Allah. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda : “Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu sekali sujud kepada Allah kecuali Allah mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu kesalahanmu (dosa)” (HR Muslim).

  • Bersedekah

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271)

Dan juga ada sebuah hadis rosulloh yang mengatakan bahwa

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pun bersabda: “Shadaqah menghapus dosa seperti air memadamkan api.” (HR Ahmad dan Al Tirmidzi).

  • Memperbanyak Membaca Pujian Kepada Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barang siapa membaca Subhanallahi Wabihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Ahmad).

Jika kita benar-benar memiliki niat yang tulus dan serius dalam menebus semua dosa-dosa besar kita, InsyaAllah segala hal baik yang kita lakukan pasti akan menghapus segala kesalahan yang pernah kita lakukan. Saya Abah Romdhoni, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Related Posts

2 Replies to “Inilah Cara Menebus Dosa Zina”

  1. Saya udah 15 tahun bah merasakan..hukuman yg saya terima.
    Apa yg saya lakukan gk pernah berhasil,usaha ditipu.caapek dan lelah sekarang..mau sholat ngaji aja gk tau bah…sekarang rumah lagi mau disita..harus berbuat apalagi bah.
    Tolong saya bah dgn ijin alllah.amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.